Cara Membuat Tombol Sig in ke Dashboard Blog Kantor

Blog Kantor 132, pada hari ini minggu, 24 Mei 2020 membahas satu topic ringan yaitu cara membuat tombol Sig in pada tombol Navigasi blog yang menggunakan template blogger. Template Blogger biasanya memilih salah satu cara seperti merancang kode html atau xml tombol navigasi blog di Gadget Blog.

Apa yang saya katakan di atas merupakan pengalaman menggunakan template blog dari pihak ketiga yang disebut dengan template blogger. Mereka menyediakan template blog dalam dua fersi, yaitu fersi berbayar atau profesional dan Free. Tentu fitur template blogger berbayar tampilannya berbeda dengan yang free. Saya memilih menggunakan template blogger versi Free.


Dalam menggunakan template blogger seperti yang saya sebutkan di atas, saya menemukan dua cara para desainer template blog dalam menempatkan tombol navigasi, yaitu melalui EDIT HTML dan Gadget. Dalam postingan ini saya membahas yang ditempatkan di Gadget. Untuk tombol navigasi yang ditempatkan di laman EDIT HTML dan saya sudah bahas di blog yang lain sehingga saya tidakmembahasnya disini, namun intinya yakni kode html untuk tombol navigasi yang ditempatkan di EDIT HTML maka kita dapat mengubahnya atau menambahkan url tombol Navigasi dengan cara masuk ke halaman edit html dan mencari kemudian memasang url yang hendak ditempatkan di tombol navigasi. Dengan kata lain, penataan tombol navigasinya kita harus masuk melalui EDIT HTML dan mencari kode tombol navigasi dan memasang URL dari bagian-bagian tertentu dalam blog yang hendak kita tampilkan dalam tombol navigasi. Tentang cara membuat tombol navigasi melalui Edit HTML, silakan lihat dalam pembahasan saya di artikel: Cara Membuat Tombol Sig In di Tombol Navigasi Blog Adsense

Sekarang saya fokus ke cara membuat tombol "Sig in" di Dashboard blogDisini saya hanya membahas cara membuat tombol navigasi untuk Log in atau Sig in dengan kode xml atau html yang dipasang di Gadget blog. Artinya ketika kita memasang template blog dari template blog diluar template blogspot, biasanya ada yang membuat template blog dengan memanfaatkan Gadget untuk membuat tombol navigasi. Untuk model ini, kita tidak perlu masuk ke EDIT HTML. Cara membuat tombol navigasi seperti ini sangat sederhana bagi kita yang menggunakan template tersebut. Untuk itu pada saat kita memasang template blog, silakan masuk di halaman blog dan lihat di tata letak dan perhatikan fitur tombol navigasi yang tersedia seperti ini:



Pada gambar di atas, perhatikan tanda panah merah di Tata Letak. Artinya untuk memunculkan fitur tombol navigasi pada template blogger (pihak ketiga) yang kita pakai menggunakan sistema pembuatan tombol navigasi di Gadget atau Edit HTML. Bila menggunakan Gadget maka akan muncul gambar seperti di atas, yaitu ada tulisan di beberapa Gadget seperti: Top Navigasi, bila kita klik top Navigasi pada kata Edit yang saya tandai kotak biru maka akan muncul tampilan tombol Navigasi seperti Home, About, dll. Kita tinggal memasang url pada kotak yang muncul


Gambar di atas adalah tombol Navigasi di Header Blog, Kita tinggal memperhatikan apakah ada kotak Gadget dengan tulisan seperti "Main Menu". Bila ada kotak Gadget dengan tulisan seperti itu maka kita klik maka akan muncul menu-menu untuk tombol navigasi seperti berikut:

Pada gambar di atas, saya sudah membuat tombol "Sig In, lihat bagian pertama, ada tulisan Edit Delete kemudian kata Sig in. Untuk membuat menu tambahan agar kita dapat membuat tombol navigasi maka silakan isi kotak nama Situs Baru, misalnya isi dengan kata Sig in, Lalu isi kotak  URL situs baru dengan alamat url yang mau dipasang agar ditampilkan dalam tombol Navigasi. Dalam kasus ini saya mengisi kotak tersebut dengan url blogspot yang mengarah pada Sig in, saya kemudian mengisi URL di kota tersebut dengan https://www.blogger.com kemudian klik tulisan tambahkan link kemudian Save. Perhatikan gambar berikut ini.


Gambar di atas menunjukkan bila kita ingin mengubah makacukupsaja klik Edit, kemudian bila hendak mengurutkan mka klik saja panah disamping kata Edit Delete. Hati hati klik panah agar tidak salah klik ke delete.

Bila kita sudah berhasil membuat seperti gambar di atas maka kita sudah berhasil membuat tombol Navigasi "Sig in".

Dengan tombol ini, kita tidak perlu ketik di google www.blogger.com untuk sig in ke dashboard blog. Kita cukup klik blog dan klik lagi menu Sig in maka kita segera masuk ke halaman blog dengan menggunakan email dan pasword.

Pembuatan tombol Sig in atau Log in dapat dibuat secara profesional dan tentu menghasilkan tampilan yang lebih baik. Namun untuk membuat kode-kode html tentu kita dibekali dengan ilmu yang memadai untuk desain website atau situs melalui kursus-kursus website terbaik yang ada di Jakarta maupun di kota-kota di mana kita berada.

Bila mencari tempat kursus website maka carilah kursus yang menghasilkan alumni-alumni yang telah berhasil membuat website instansi-instansi tertentu seperti website pemerintah, website perusahan terkenal, website sekolah, website universitas dan UKM-UKM. Salah satu yang terkenal di Jakarta dalam menghasilkan alumnus terbaik dalam soal desain web yaitu kursus website ... silakan Anda tebak sendiri.

Saya berencana mengikuti kursus yang saya maksudkan dengan tujuan fokus dalam membuat blog profesional yang berhubungan dengan kegiatan saya.

Sekian dan semoga berguna.


Salam

Yonas Muanley


Cara Membuat Tombol Sig in ke Dashboard Blog Kantor Cara Membuat Tombol Sig in ke Dashboard Blog Kantor Reviewed by Yonas Muanley on May 24, 2020 Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Home Ads

Powered by Blogger.